Jasa Service AC / Perbaikan AC Central, AC Cassette, AC Presisi ( PAC ) Ruang Server, AC VRV, AC Floor Standing, AC Ceiling, AC Split, AC Split Duct, AC Panel, AHU, Cold Storage - Pompa Kolam Renang, Kulkas, Dispenser, Mesin Cuci - JABODETABEK

PESAN SEKARANG JUGA !! Fast Respon - Layan Terpercaya Dan Profesional

Tips Cara Mengatasi AC Bermasalah

Berikut CV Sumber Harapan Teknik Akan Memberikan Sedikit Informasi Mengenai Tips Cara Mengatasi Permasalahan Seputar AC


CARA MENGATASI AC MATI TOTAL


  1.  Periksalah Kabel Power Dengan Tespen, Ada Arus Listrik Yang Masuk Ke Unit AC Atau Tidak.
  2. Periksa Sambungan Kabel, Apakah Dalam Kondisi Terputus, Terbakar, Atau Kendor. Jika Rusak, Segera Perbaiki Atau Ganti Kabel Power Dengan Yang Baru.
  3. Periksa PCB, Apabila PCB Mengalami Kerusakan, Terdapat Tulisan ( Err ), ( P0 ), (P1), Atau Kode Lain Pada LCD Display Indikator Indoor.
  4. Periksa Fuse Di Bagian PCB Indoor, Jika Putus, Ganti Fuse Dengan Yang Baru Dan Bagus.
  5. Periksa Kondisi Kabel PCB, Apakah Ada Yang Terkelupas Atau Kondisi Sambungan Sudah Rusak. Jika PCB Masih Bermasalah, Gantilah Dengan Modul Unit PCB Yang Baru Sesuai Dengan Spesifikasi Unit AC.

CARA MENGATASI AC TIDAK DINGIN



  1. Periksa Kompresor, Bekerja Atau Tidak. Ditandai Dengan Kipas Outdoornya Saja Yang Bekerja, Tetapi Kompresornya Tidak.
  2. Kompresor Bekerja, Tetapi Kipas Outdoor Tidak Berputar, Periksa Bearing Motor Kipas, Berputar Atau Tidak. Matikan AC, Buka Pelindung Outdoor, Putarlah Dengan Daun Kipas Dengan Tangan. Perhatikan Putarannya. Jika Macet Atau Menimbulkas Suara, Segera Ganti Bearing Motor Kipas.
  3. Periksa Kapasitor Kipas Outdoor. Jika Rusak, Ganti Kapasitor Baru Sesuai Sesuai Dengan Spesifikasi Unit AC.
  4. Periksa Bagian Dalam Motor Kipas, Seperti Lilitan Putus Atau Terbakar. Jika Rusak, Ganti Dengan Motor Baru Atau Perbaiki Dengan Menggulung Ulang Lililtan Dalam Motor Kipas.

CARA MENGATASI AC KURANG DINGIN



  1. Tekanan Refrigrant Berkurang. Periksa Arus Dan Tekanan Refrigrant Dengan Menggunakan Tang Ampere. Cocokan Sesuai Standar Arus Yang Bisa Dilihat Pada Bagian Nama Pelat AC.
  2. Embusan Blower Indoor Lemah, Periksa Blower Indoor, Ada Bagian Yang Patah Atau Tidak. Periksa Sirip - Sirip Evaporator, Bersihkan Dari Kotoran Yang Menyumbat Yang Menyebabkan Sirkulasi Udara Tidak Lancar.
  3. Kompresi Kompresor Lemah, Disebabkan Oleh Kondisi Filter Refrigrant, Pipa Kapiler, Saluran Evaporator, Dan Kondensor Tersumbat. Terlihat Dari Bunyi Atau Suara Kompresor Yang Keras. Jika Terjadi, Ganti Kompresor. Hal Ini Disebabkan Oleh Kotoran, Kerak, serpihan Logam Yang Terbawa Oleh Refrigrant. Untuk Mengetahui Terjadi Penyumbatan, Sentuh Strainer, Jika Terasa Dingin Atau Mengembun, Artinya Terjadi Penyumbatan. Keluarkan Semua Refrigrant Dan Bersihkan Dengan Menggunakan Udara Yang Bertekanan Agar Kotoran Terempas.

CARA MENGATASI KELUAR SEMBURAN AIR DARI BLOWER INDOOR

  1. Kondisi Indoor Yang Kotor, Bersihkan Bagian Indoor.
  2. Tekanan Refrigrant Kurang, Atau Tambahkan Refrigrant. Jika Tekanan Kurang Drrastis, Dipastikan Karena Ada Keboyoran Pada Sistem.
  3. Drain AC Tidak Terpasang Benar, Menyebabkan Munculnya Proses Pengembunan Udara Di Evaporator, Perbaiki Dudukan Drain AC
  4. Jika Semua Kondisi Normal, Kemungkinan Yang Terjadi Adalah Kelembapan Udara Di Dalam Ruangan Tinggi. Kondisi Ini Menyebabkan Air Hasil Pengembunan Berlebih.

CARA MENGATASI TERDAPAT BUNGA ES PADA EVAPORATOR

  1. Segera Matikan AC, Lalu Atur Remote Control Pada Mode ( Fan ). Bersihkan Filter Udara Dan Sirip Sirip Evaporator.
  2. Motor Blower Tidak Bekerja Dengan Baik Atau Bahkan Tidak Berputar Sama Sekali, Perbaiki Motor Blower.
  3. Thermistor Tidak Bekerja Atau Tidak Terpasang Secara Benar, Perbaiki Dudukan Thermistor Pada Tempatnya Atau Ganti Jika Thermistor Rusak.
  4. Terjadi Kebocoran Pipa, Cari Letak Kebocorannya Dan Perbaiki Kebocoran. Setelah Itu Lakukan Penambahan Refrigrant Hingga Mencapai Tekanan Setandar.

CARA MENGATASI PENYEBAB BOCOR AIR ( Mengeluarkan Tetesan Air Pada Indoor )

  1. Saluran Pembuangan Air Pada AC Mengalami Penyumbatan Oleh Kotoran Atau Lendir Lendir Yang Numpuk Pada Jalur Pembuangan.
  2. Bagian Harmaflek Mengalami Kerusakan, Sehingga Dapat Menyebabkan Kebocoran Air ( Tetesan Air )
  3. Saluran Pembuangan Belakang ( Di Balik Indoor ) Mengalami Penyumbatan, Sehingga Haris Dilakukan Flushing Agar Bersih Dan Lancar.
  4. Posisi Unit Indoor Mengalami Kemiringan, Sehingga Air Tidak Mau Turun


Labels: Artikel Seputar Kerusakan AC

Thanks for reading Tips Cara Mengatasi AC Bermasalah. Please share...!

Back To Top